Selasa, 20 November 2012

ayam serama


Budidaya yang satu ini sunguh mengasikan,karena yang dibudidayakan adalah hewan tersombong didunia, kata simbah saya barang siapa yang jalannya memdongakan kepala berarti memiliki sifat sombong ?:)
Budidaya ayam serama memiliki peluang yang cukup menjanjikan, sebagai hobby Budidaya ayam serama bisa di jadikan sumber ATM.
Peluang Budidaya Ayam Serama mempunyai ciri khas tersendiri, ayam terkecil di dunia yang banyak berkembang di negara Malaysia sekarang sudah menyebar ke beberapa negara, selain dijadiakan hiasan Ayam serama juga di jadikan  ayam lomba,agar supaya harga ayam serama menjadi mahal harus mampu menjuarai suatu efen perlombaan.Dengan seringnya diadakan lomba hasil Budidaya Ayam Serama maka kebutuhan akan ayam serama menjadi banyak terutama Budidaya Ayam Serama yang berkwulitas lomba. Untuk itu dalam Budidaya Ayam Serama harus memiliki indukan yang bagus baik dalam peranakan atau disaat lomba, agar bisa di jadikan mesin ATM.
Walau begitu dalam memulai Budidaya Ayam Serama Anda tidak boleh gegabah untuk membeli indukan yang belum tahu hasil ternakannya dan berharga mahal, lebih baik Anda membeli calon indukan yang terseleksi. Dengan kata lain lebih baik beli calon idukkan yang banyak dari induk yang berkwalitas dengan harga murah dari pada beli satu pasang indukkan berharga mahal.
Bagi Anda pencinta unggas untuk kontes kecantikan, nama Ayam serama mungkin sudah tidak asing lagi. Ayam asal Malaysia ini memang terkenal unik karena memiliki karakter postur yang kerdil. Bahkan, menurut American Poultry Association dan American Bantam Association, ayam serama merupakan jenis ayam terkecil di dunia.
Ukuran tubuh serama dewasa hanya sekepal tangan orang dewasa. Beratnya pun hanya sekitar 300 gram per ekor. Meski bodinya imut, ayam ini suka pamer, dengan membusungkan dada dan berjalan gemulai layaknya di atas catwalk.
Cara Budidaya Ayam Serama
Tidak membutuhkan kandang yang luas.  1 pasang induk Ayam Serama sudah bisa Budidaya Ayam Serama dengan ukuran P 1 mtr X L 75cm X T 150cm. Jadi walau ada sisa lahan sedikit tidak menjadi kendala dalam Budidaya Ayam Serama.
Yang paling penting adalah sepasang indukan yang berkwalitas. Budidaya Ayam Serama telur yang dihasilkan tidaklah banyak seperti pada umumnya ayam biasa, kurang lebih sekitar 4 – 6 telur, juga soal penetasanya sekitar 50% dari telur yang dierami.akan tetapi untuk memacu hasil yang maximal bisa Anda siasati dengan istilah babon penetas atau mengunakan mesin penetas.
karean induk tidak mengerami bisa langsung di jodohkan lagi untuk bertelur. pada umumnya harga seekor ayam mengacu pada indukan yang di ternak makin berkwalitas makin mahal harga anakkan yang dihasilkan, apalagi induknya pernah meraih juara pada suatu efen perlombaan.untuk informasi harga Budidaya Ayam Serama di sekitar daerah Saya harga anakkan( kutuk) umur 3 hari berkisar Rp 50.000,00 – Rp 100.000,00 dari indukan biasa sedang dari indukan juara sudah tergantung dari hobby.dengan harga seperti itu Budidaya Ayam Serama patut untuk di coba.
Penetasan dengan bantuan mesin penetas Anda harus mengatur suhu dan kelembapan pada mesin penetes tersebut. Untuk suhu berkisar antara 37,5ºC – 38ºC. Sedangkan masalah kelembapan harus sesuai dengan usia sewaktu telur mulai dimasukan ke mesin penetas, pada minggu pertama sampai minggu ke 2 kelembapan sekitar 65% – 70%, menjelang 2 – 3 hari telur mau menetas kelembapan harus di tingkatkan atau di tambah berkisar antara 95% – 100%, alat pengukur kelembapan bisa disebut HYGRO METER.
Pemberian pakan Budidaya Ayam Serama bisa mengunakan pakan jadi yang telah tersedia di kios – kios penjual pakan, lakukan 2 kali sehari, untuk informasi hasil Budidaya Ayam Serama yang di persiapkan ke kontes peberian pakan harus lebih extra karena sampai terjadi kegemukan ayam tidak layak untuk dikonteskan, bobot ayam serama dalam kontes di bawah 500 gram makin kecil akan lebih baik, kalau sampai bisa juara dalam kontes ayam serama dalam kelas terkecil nilai jualnya sudah melambung beberapa kali lipat dari harga normal.
Untuk perawatan, lakukan mandi jemur tiap hari dalam 1 atau 2 bulan lakukan mandi keramas dengan mengunakan sampo agar supaya ayam seram terhindar dari kutu.
Keuntungan Budidaya Ayam Serama.
  • Dengan modal yang bisa di tekan seminim mumgkin tidak akan berpengaruh terhadap harga jual dari hasil ternak Budidaya AyamSerama.
  • Dalam bertenak sifat hoky masih berlaku dimana kemungkinan bisa terjadi dari hasil ternakan indukan yang  tidak istimewa akan tetapi sewaktu di konteskan bisa meraih juara.itu bisa terjadi kalau sedang hoky.
  • Makin ramainya diadakan kontes akan berimbas pada penjualan dan harga. Makin baik hasil ternakan makin mudah untuk menjual dengan harga yang tinggi sekalipun. Perlu Anda ingat dalam Budidaya Ayam Serama, termasuk kedalam hobby jadi harus berhati – hati agar supaya bila terjadi boming anda tidak kena imbasnya.makanya Saya sarankan kalau mau mencari indukan, carilah yang masih bahan, baru setelah Anda sukses bisa ditingkatkan dengan indukan super yang mana uang yang dipakai untuk membeli dari hasil jual ternak tersebut
  • Selain hobby Anda tersalurkan juga mendapat penghasilan dalam Budidaya Ayam Serama.
Kelemahan dari Budidaya Ayam Serama.
  • Budidaya AyamSerama tidak beda jauh dengan bertenak ayam pada umumnya jadi segala sesuatunya sama pesis, renta terhadap cuaca, sekali terkena penyakit kalau tidak segera dirawat akan mudah menjalar ke ayam  yang lain.
  • Kesulitan dalam penetasan telur dan jumlah telur tidak banyak
  • Kalau sampai terjadi boming, sedangkan modal belum kembali.
  • Bila terjadi kematian
  • Resiko kehilangan atas pencurian ayam
Asumsi keuntungan Budidaya Ayam Serama.
  • Biaya tetap
  • Pembuatan kandang ternak Rp 500.000,00
  • Pembelian 5 pasang induk @ Rp 250.000,00 ( umur 2 minggu) 5 X Rp 250.000,00 = Rp 1.250.000,00, jumlah biaya tetap  Rp 1.750.000,00
  • Biaya tidak tetap.
  • Pembelian pakan untuk 6 bulan Rp 300.000,00
  • Obat – obatan dan vitamin  Rp 150.000,00
  • Jumlah biaya tidak tetap Rp 450.000,00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar